• • ABOUT • • FOOD REVIEW • • HIGH SCHOOL LIFE • • TRAVEL • • UNIVERSITY LIFE • •

Saturday, August 30, 2014

Walking Around The Villages in Merapi (Live In Merapi 2010 Part 2)

Cerita sebelumnya.....
Ada yang belom baca cerita part 1? Cerita part 1 bisa diintip di sini.
Anyone hasn't read the first part of the story? You can click here.


Sudah selesai berdoanya, Ijan?
-
Have you finished the praying, Ijan?


Akhirnya sampai juga di Jawa Tengah. Perhentian terakhir adalah doa Rosario rame-rame di Gua Maria  Kerep di kota Ambarawa, dan lanjut lagi ke kota Muntilan. Karena semalemnya udah ga tidur, udah semakin matahari nongol muka makin celeng semua, padahal pemandangan pagi-pagi bagus banget sawah-sawah warnanya uda ijo-ijo, tapi gua dan yang lain ketiduran di kursi.

Finally, we arrived in Central Java. The next stop was praying Rosary at Gua Maria Kerep Ambarawa, and continued the trip to Muntilan city. We were so drowsy as the day before we didn't sleep, so we didn't enjoy the beautiful views outside.


Setelah beberapa jam kemudian dari Gua Maria
(hours later after went to Gua Maria)

Kita semua dibangunin karena katanya uda mau nyampe. Gilak bangun-bangun leher gua sakit gitu gara-gara tidurnya ga bener. Mata masi ngantuk banget, tapi sinar matahari kayak masuk ke mata buat maksa kita semua melek dan liat pemandangan di sekeliling.

We were awakened as the driver said we would arrive soon, I felt pain in my neck as I slept in wrong position. My eyes were still trying to close themselves, but seemed sunlight tried to open them for seeing the beautiful views.


Tempat kita berhenti.

Bus berhenti di suatu tempat semi-outdoor, yang namanya Gubug Selo Merapi Lor Senowo. Ternyata itu gerejanya penduduk setempat, yang arsitekturnya disesuaikan dengan alam sekitar. Gubug Selo Merapi itu ternyata nama lainnya dari Gereja St. Petrus Kanisius Muntilan. Biasanya dipakai untuk ibadah penduduk setempat, kalo ga dipake buat ibadah juga bisa sebagai tempat pertemuan.

Buses stopped at semi-outdoor place named Gubug Selo Merapi Lor Senowo. It is a local Catholic church, which its architectur adapted with local culture and nature. "Gubug Selo Merapi" is an other name for St. Petrus Kanisius (St. Peter Canisius) Muntilan Church. The place is usually used by the people at there for meeting hall and worship.


Nunggu briefing.
-
Waiting for the briefing.


Briefing di situ, ada sekumpulan bapak-bapak yaitu dari Tim Edukasi Live In Merapi. Jadi mereka ngejelasin hal-hal dasar yang musti kita tau.

The men named themselves "Merapi Homestay Education Team" started the briefing, and explained about the basic things we had to know.


Pertama, seluruh peserta live-in disebar ke empat desa. Yang paling jauh itu ada di 2 kilometer dari Puncak Merapi, tapi karena sudah masuk area ring 2 dan status Merapi naik setingkat, jadi akhirnya diputuskan anak-anak yang harusnya ditaruh di 2 kilometer dari Puncak Merapi ditaruh di desa yang jauhnya cuma 6 kilometer dari Puncak Merapi.

First, the students would be divided into four villages. The farthest one was in 2 kilometres from top of the mountain, but it was in ring 2 area + Merapi alert level reached level 2 alert, so the students would be dropped in the village which was located 6 kilometres from top of the mountain.


Kedua, dibacain partnernya siapa nanti dapet serumahnya, desanya di mana, dan nginep di rumah siapa. Selama live-in ini gua dapet sama Marcella, nginepnya di rumah Ibu Suliah di desa Kajangkosa. Desa Kajangkoso ini jauhnya sekitar 8 kilometer dari Puncak Merapi dan masuk area ring 2.

Second, team announced your partner, your village you would stay, and your homestay parent. I got Marcella as my partner, and I'd stay at Ms. Suliah's house in Kajangkosa Village. Kajangkosa Village is located in 8 kilometres from top of Merapi.


Ketiga, kegiatan kita nantinya bebas selama siang nanti, mau bantuin induk semang terserah, mau ngapain aja terserah. Yang penting nanti malemnya kumpul di rumah yang sudah disepakatin di tiap desa buat ngobrol bareng sama tim edukasi di tiap desa, semacam refleksi malam lah, terus juga temu kumpul sama temen-temen yang ditaruh di desa yang sama + induk semangnya. Yah semacam nongki-nongki together lah di desa hahaha.

Third, the schedule would be free, you could do anything you want, but it would be better if you help your homestay parent. At the night you had to gather in someone's house with your friends plus their homestay parents in the same village you stayed, and there would be education team at that house too. It's like hanging out together at the night after doing some reflection of the day.


Keempat, walaupun status Merapi naik, tapi kita ga usah khawatir karena mereka sebagai penduduk setempat sudah tahu siklusnya Merapi, jadi mereka bisa pastiin kalau situasi aman, ga kayak yang di tivi-tivi. Jadi, nikmati Merapi!

Forth, even Merapi's alert status had increased, we had not to worry about it, because the people of Merapi knew all of the things about Merapi better than other people, and they said it was save, not like in televisions. So, enjoy Merapi!


Nyari induk semang....
(Finding your homestay parents)

Abis selese briefing, kita naik ke atas gunung deh buat nyari rumah tempat kita masing-masing nginep. Berat banget bawa-bawa tas ke atas gunung nanjak gitu. Naik 700 meter ke atas aja nenteng tas itu aja baru ketemu jalan masuk desa pertama. Enak banget kalo bawanya koper beroda, tinggal seret aja ga usah capek-capek, tapi jalannya berbatu sih ga mulus-mulus amat.

After briefing, students had to go following the rocky uphill path for finding their homestay houses. It was so heavy to bring your bags uphill, and you would find the first village after walking about 700 metres.


Mendaki gunung.
-
Going uphill.


Akhirnya masuk ke Desa Kajangkosa, masuk gang pertama, terus kebetulan ada ibu-ibu di depan rumahnya, gua tanya deh tau ga Ibu Suliah? Karena dia tau dia anterin deh ke rumah induk semang gua. Ibu Suliah ada di rumahnya sambil gendong bayi, nyambut kita semua, terus kita disuruh masuk ke kamar kita berdua yang udah disediain buat naruh tas.

Finally we stepped into Kajangkosa village. Entered the first alley, we asked a woman in front of her house if she knew Ibu Suliah. She knew and accompanied us to meet her. Ibu Suliah ("Ibu" is honorific for woman in Bahasa Indonesia) was in her house, carrying her baby, and welcomed us warmly. She told us to put our luggages inside the room for us.


Ibu Suliah : Namanya siapa ini?
Cella : Marcella.
Ibu Suliah : Kalo yang ini siapa?
Gue : Nama saya susah, panggil Audi aja.

Ibu Suliah : Hello, what's your name?
Cella : Marcella.
Ibu Suliah : And you?
Me : Just call me Audi. :)

*I tried to simplifized my name, just in case she'd have difficulty in saying my name.*


Ibu Suliah : Duduk, duduk sini.... 'tak bikinin teh manis.
Gue + Cella : Iya 'Bu, makasi makasi... *duduk*
Ibu Suliah : Ini teh manisnya, diminum diminum....
Gue + Cella : Iya 'Bu, makasi... *minum teh*

Ibu Suliah : Have a seat, here.... I'll make some sweet tea.
Me + Cella : Thank you Mam'. *have a seat*
Ibu Suliah : Here's your tea...
Me + Cella : Thank you so much. *drinking the tea*


Terus udah gitu, jadi awkward moment karena jadi ga ada topik gitu jadinya bingung sama si Ibu, terus jadi kebanyakan ga enaknya, terus sama diemnya.

At the first time, we had an awkward moment because we runned out of the topic, we did hesitate at that moment.


Ibu Suliah : Ini, kalian cobain kerupuk ketela, enak loh. *buka kaleng kerupuk di meja*
Gue + Cella : Iya 'Bu, makasi... *buka, terus makan kerupuk*
Ibu Suliah : Ini bikinan sendiri, kalian kalau mau habiskan saja.
Gue : *Anjir ini enak bangettttt pengen nambah tapi ga enak, tapi tetep aja tangannya masuk kaleng kerupuk nambah lagi*

Ibu Suliah : Here, you must try cassava cracker, it's delicious. *open a cracker can on the table*
Me + Cella : Thank you Mam'. *eat the crackers*
Ibu Suliah : I made it by myself, you can eat it all if you want.
Me : *couldn't stop my hand to pick the crackers LOL*


Setelah lama awkward ga ada topik, akhirnya kita bisa nyambung juga deh.
Ibu Suliah ini orangnya kecil, tingginya sekitar 155 cm, rambutnya panjangnya sebahu, dan warna kulitnya sawo matang. Suaminya kerja di luar kota, dan jadi di rumah ini dia tinggal sama dua anak-anaknya yang masi kecil-kecil. Dia sendiri lagi gendong anak bayi lucu, namanya Rosario, panggilannya Rio. Ternyata Rio ini umurnya udah setaun, tapi badannya kecil kayak mamanya jadi gua kira masih kayak bayi 7-8 bulan gitu lucunya pake buangetttt.

Finally we passed the awkward moment.
Ibu Suliah was a 155 cm (about 5'2"), tanned skin and short haired woman. Her husband was working in other city, so she lived with her two little children. The baby she was carrying, his name was Rosario, or Rio for short. He was one year old, although at the first time I thought Rio was a 7-8 months baby as he was so small.


Gak lama kemudian, muncul anaknya Ibu Suliah yang cewe, namanya Sekar, baru pulang sekolah abis dianterin sama abangnya Ibu Suliah yang tinggalnya di rumah sebelah. Manis amat si Sekar, pulang-pulang langsung salim sama kita berdua kenalan gitu. Ibu Suliah bilang, kalo Sekar ini buat ke TK aja musti nempuh berkilo-kilo meter karena TK-nya lumayan jauh, dan itupun jalan kaki. Jaman gua TK mana pernah jalan kaki sampe berkilo-kilometer cuma buat sekolah, gile ini anak TK jalan kakinya hardcore coy!

Shortly thereafter, her daughter, Sekar, just came home from kindergarten with her uncle who lived beside Ibu Suliah's house. She was a sweet a girl, she did "salim" (a respectful greet to the older people or people you respect by grabbing the older's hand and pressing forehead to the back of the hand) to me and Cella. Ibu Suliah said, Sekar had to walk about kilometres to her kindergarten. My goodness, me in her age didn't walk so far like Sekar did only to go to my kindergarten. :')


Ga lama setelah Sekar pulang sekolah, masuk deh kakek-kakek masuk ke rumah Ibu Suliah, terus kenalan sama kita. Panggilannya Mbah Yoso, dia bapaknya si Ibu Suliah. Kita sempet ngobrol-ngobrol sebentar, dan Mbah Yoso suruh kita istirahat deh.

After that, an old man came inside Ibu Suliah's house, and greet us. He was called Mbah Yoso (Mbah means "grandparent" in Javanese), he was Ibu Suliah's father. We had a chat for a while, and he told us to take a rest there.


Mari bermain
(Let's play!)

Kita pertamanya tanya, ada yang bisa dibantuin ga, kan ceritanya mau bantu-bantu ngurusin sawah gitu biar keren hehe.... tapi katanya Ibu dia bilang hari ini ga usah kita disuruh jalan-jalan aja dulu, soalnya Ibu sendiri ga ngurusin sawah, suaminya kerja di luar kota, jadi sawah keluarga mereka itu yang ngurusin kakaknya si Ibu, jadi sekalian besok aja pagi-pagi kerjanya ikut dia.

First, we asked if there was something we could help, we hoped at that time we could help her in rice field. But Ibu said we had to do nothing so we could see all of the things in here. Ibu didn't manage her rice field, her husband was working in other city, so her family's rice field was done by her brother. So if we wanted to help, we could help her brother in the next morning.


Oke deh, nganggur jadinya, gua dan Cella mau jalan-jalan aja. Baru keluar rumah tiba-tiba.
Chelle : UBI!
Gue : Eh Chelle, Oshin!

Okay, we had nothing to do, when me + Cella were ready to take a walk...
Chelle : UBI! (well, Ubi is my nickname, it means yam)
Me : Chelle! Oshin! :D


Ternyata rumah yang kita tempatin ini sebelah-sebelahan. Jadi si Olvin dan Chelle tinggal di rumah abangnya Ibu Suliah, rumahnya mereka berdua sih bentuknya L dan nyambung, terus Mbah Yoso ini rumahnya di tengah-tengahnya rumah Ibu Suliah sama abangnya. Wah asik dong kita jadinya mainnya jadi berempat deh. Akhirnya kita ijin main keliling-keliling desa. Pertama ketemu si Intan yang serumah sama Tika. Kita keliling rumahnya dia dulu.

The fact was, Chelle and Olvin's homestay house was beside our homestay house, their homestay parent was Ibu Suliah's brother. Their houses were connected like L-letter, and Mbah Yoso's house was beetween their houses. It was so fun, so we could go anywhere with two other friends. After visiting Ibu's brother's house, we went to outside seeing other friends in other villages. First, we met Intan, with her homestay partner Tika, and we went to her homestay house.


Tika : 'Bi, tempat tidur lu enak ga?
Ubi : Enak-enak aja, ya kan Cel'?
Cella : Enak kok, langsung hadap jendela gede gitu adem, terus di kamarnya ada tempat tidur buat berdua terus ditaruh meja rias ada kacanya gede lagi.

Tika : Is your bedroom comfortable?
Me : Quiet comfortable, isn't it?
Cella : Yup, we could see outside from a big window in our room, and we had double bed for us, and dressing table with big mirror.


Tika : Enak yah, ruangan gua ga enak abis, gelap gitu terus lembab.
Intan : Iya masa ruangan gua dikasi tempat tidurnya yang single, terus cuma disuruh buat tidur berdua. T3T

Tika : Lucky you, our room isn't comfortable, so dark and humid.
Intan : Yep, we're provided single bed, and we have to share it for two persons.



Ngeloyor lagi ke jalan, ketemu Ando + Agus yang pada digigitin pacet abis ke sawah.
-
Meet Ando and Agus, they were bitten by leeches after went to rice fields.


Gantian deh kita ngajakin Intan sama Tika main ke rumah gua, disuruh Ibu makan siang dulu. Pas lagi makan siang, ga taunya nongol Willy sama Joshua yang juga main-main ke rumah-rumah yang lain.

Intan and Tika played to my homestay house, and Ibu said to us to have a lunch. While we were having a lunch, suddenly Willy and Joshua came to my house.


Willy : UBAI! Lu di sini 'Bai?
Gue : Iya. *asik makan*
Joshua : Eh lu tau ga, induk semang gua asik banget.
Gue : Emangnya kenapa?

Willy : UBAI! Is this your house?
Me : Yes. *munch munch*
Joshua : Eh, you know? My homestay parent is so cool!
Me : Eh really? Why?


Joshua : Kayak di rumah sendiri deh. Rumahnya tingkat dua, terus abis itu makanannya enak-enak. Ada garasi di rumahnya, terus bapak semang gua punya motor Tiger 2 biji!
Gue : Serius lu?

Joshua : It feels like you own home. He has two storeys house, and his foods were great. And he has garage at his house for parking his two Tiger motorcycles. (Tiger motorcycles in here is Honda's 250 cc Tiger motorcycle, which was so contrast with people there who usually didn't have any vehicle, or only had 150 cc underbone motorcycle)


Joshua : Serius, ga percaya dateng ke rumah gua.
Willy : Duluan ya 'Bai, mau keliling-keliling lagi.

Joshua : I'm serious, so come to my house.
Willy : See you later, gonna take a walk.


Habis makan, peer selanjutnya adalah pergi ke rumahnya Willy!
So, the next thing to do was going to Willy's homestay house.


Pergi ke rumah Willy + Josh
(Going to Willy + Josh's homestay house)

Abis makan siang, kita main lagi ke rumahnya Willy + Josh di desa sebelah rame-rame, namanya Desa Grogol. Katanya sih tinggal turun aja arahnya, terus cari rumah yang paling gede gitu.

After lunch, we went to Willy and Josh's in Grogol Village together, we just followed the path downhill, and find the biggest house there.


Sambil jalan nurunin lereng, kita sih liat dari tadi banyak petugas pemerintah gitu lagi ngawasin truk-truk yang nurunin aspal panas buat nambal jalan bolong. Seperti tipikal jalan di gunung, jalan utamanya cuma ada satu untuk naik turun, samping-sampingnya langsung rumah orang dan sawah. Aspalnya beneran panas loh, gua aja pas lagi lewat jalanannya jadi hangat.

While walking downhill, we saw many local goverment employees supervised medium trucks which unloaded asphalt mix for fixing the rocky main pathway. The asphalt was still hot as I could feel it when walking beside mix unloaded mix.


Gak lama kemudian setelah asik turun, kita nemuin rumah yang paling bagus di desa itu. Rumahnya tingkat dua, dan baru separuh dicat warna biru karena masih renovasi, di depannya masih ada tumpukan semen. Baru mau bertamu, tiba-tiba nongol bapak-bapak pake caping dan baju kaos oblong putih ala petani tapi naik motor Tiger dan nyapa kita, terus parkir motor di garasi.

Finally, we found the biggest house in that village. Two storeys house with half painted house and we could see sacks of cements outside because it was still under construction. Before knocking the door, suddenly a man came with his Tiger motorcycle, dressed in white T-shirt and wearing caping (traditional cone shaped hat made from woven bamboo, that usually farmers here wear), and he parked his motorcycle in his garage.


Bapak : Halo, yuk mari masuk, masuk...
Kita : Iya Pak, 'misi ya.

The man : Welcome girls, come in...
Us : Okay, excuse us. :D


Masuk ke dalam, waduh... adem banget! Terus kita juga disambut sama istrinya si Bapak yang lagi hamil tua, terus disuruh makan snack yang dia sodorin (snack-nya banyak banget!), kalo ga salah snack dari buah wintermelon gitu. Rumahnya bagus loh, kontras sama tetangga-tetangga lainnya, yang rumahnya masih setingkat. Walaupun rumah-rumah di desa yang gua amatin udah pada pake semen sih, tapi sekat di dalamnya pake anyaman bambu dan kadang sebagian rumahnya ada yang udah disemen, ada yang beberapa ruangannya masih alas tanah.

The air was cool inside. We were welcomed by the man's wife who was pregnant, and served with many snacks from her, I ate one of the snacks which was wintermelon snack. The house was very nice, made a contrary with the neighbors, houses here usually only one storey building. Most of houses in villages here were already made from brick and cement plastered, but the walls inside were made by woven bamboo, and some of the house still paved ground.



Will + Josh di kamar mereka.
-
Will + Josh inside their room.


Willy sama Josh sih lagi ngaso di kamar, kamarnya enak banget lagi. Willy cerita, kalo induk semangnya ini paling sukses di desa dia, gua lupa sih antara si bapak semang ini kepala desa atau pengusaha itungannya.

Willy and Josh were relaxing at their room, and the room was so comfortable. Willy said that his homestay parent was the most succesful one in this village, but I forget if he was leader of the village or entrepreneur.



Agus, Deven, Ando, Jimmy.


Selesai berkunjung, kita balik lagi ke atas
(Finished the visit, we went back)

Ngelewatin lagi jalan yang lagi diaspal. Tika sama Intan ikutan induk semangnya bantuin di sawah, terus gua dan lain-lain sih masih keluyuran di desa atasnya Desa Kajangkosa. Ga taunya ketemu Bima deh di desa atas, main deh ke rumah mereka.

Passed again the trucks with the hot mix. Tika and Intan went to help the homestay parent in rice field, so me and the others went to other village which is higher than Kajangkosa Village. Met Bima and visit Bima's homestay house.


Udah selese main, kita nyuci baju bareng di rumahnya Tika, ehm.. yang niatan nyuci sih sebenernya cuma Cella sama Olvin, jadi baju yang lain sekalian dicuciin buahahahaha. Abis itu bantuin induk semangnya Tika bikin kue legit, ceritanya buat nanti suguhan nongki-nongki malem nanti, karena rumahnya Tika yang dipake buat ngumpul nanti malem. Bantuin marut kelapa sama nyampur adonan di atas panggung bambu di dapurnya Tika rame-rame diajarin ibunya.

After the visit, we went to Tika's house and washing our clothes together. Later, we helped Tika's homestay parent to make kue legit (traditional cake) for the night's meeting at the house. We helped them grated the coconuts and mixing the dough on bamboo stage in the kitchen with Tika's homestay parent.


Di rumah induk semangnya Tika, bagian dapur ga diplester pake semen lantainya jadi masih tanah, terus paling ada sekat di dapur buat jadi kamar mandi. Sepertinya agak susah sih untuk nemuin warung di sini, atau edukasi kesehatan di desa agak kurang? Sikat gigi yang ngegantung di WC induk semangnya Tika semua udah pada buluk hehehe.

At Tika's homestay parent's house, the kitchen was still paved ground, and there was a cubicle made by woven bamboo for bathroom. I think it was kinda hard too find small shop or maybe the people here weren't very concern about health education, hmm I found all of the toothbrushes hung in bathroom were not in good condition anymore.


Pas lagi di dapur, ada anaknya induk semang Tika, anak kelas 2 SD lagi lari-lari main sama adiknya, terus masuk dapur.

Later, homestay parent's child came to kitchen and played with his brother, and entered the kitchen.


Anak kecil : *lari-lari terus ngomong sama ibunya pake Bahasa Jawa*
Induk semang : *ngomong pake Bahasa Jawa*
Anak kecil : *minum air dari gelas*

The child : *running to his mother and talking to his mother in Javanese*
Homestay parent : *talking in Javanese*
The child : *drinking water from glass*


Anak kecil : Eh Mbak... Halo.... Namaku Didik. *salim*
Gue : Halo..
Didik : Namaku Didik *salim*... Namaku Didik... *salim, terus lari lagi main*.

The child : Mbak (honorific in Javanese for older woman or young lady)... hello.... I'm Didik. *doing salim*
Me : Hello.
Didik : I'm Didik... *salim to my friends, and run outside to play*


Lalu baru nyadar, LOH KOK DIDIK SALIM PAKE TANGAN KANAN, TANGAN KIRINYA PEGANG PARANG????!!!!! :''''')

I just realised, WHY DIDIK DID SALIM TO US WITH RIGHT HAND, AND HIS LEFT HAND WAS GRABBING LONG CHOPPER KNIFE????!!!! :')


Selese bantu induk semangnya Tika, gua dan Cella ngajak Tika dan Intan buat ngegosip di rumah gua HAHAHAHA! Sampe sore, uda pada capek gitu abis buslag, plesetannya "jetlag", biar keren dikit lah haha.

Finished helping Tika's homestay parent, me and Cella asked Intan and Tika for staying in my house at that day for gossipping until evening HAHA. I felt a "buslag", it's like "jetlag" for bus version LOL. Okay I know it's cheesy.


Intan, Tika, Ubi, Cella.


Setelah keliling-keliling ke mana-mana...
(Conclusion after the day's visit)

Gua dan Cella beruntung banget bisa dapet tempat tinggal di rumahnya Ibu Suliah. Tempat tidur gua dan Cella nyaman loh dan lapang, terus rumahnya juga bisa dibilang lebih bagus dibanding ke tempat-tempat lain yang gua kunjungin, jadi lumayan nyamanlah buat orang kota kayak kita. Terus, induk semang gua malah suruh gua sama Cella seneng-seneng aja di hari pertama HAHA duh jadi ga enak, padahal gua liat Afgan sama Reinhart aja udah bantuin induk semang mereka loh di sawah pake caping segala. :')

Me and Cella were very lucky for homestaying at Ibu Suliah's house. Our bed was spacious and comfortable, and her house was better than the other places we visited. And Ibu said to us to have fun at the first day of our arrival so we did nothing. I did hesitate to her, as our friends Afgan and Reinhart already helped their homestay parent in rice field.


Ternyata, yang selama ini suka diajarin di sekolah-sekolah kalo orang Indonesia itu ramah-ramah, yang gua pikir selama ini ga terlalu terbukti, ternyata terbuktinya di desa kayak gini. Liatin aja, baru dateng ke desa kita semua uda disambut kayak keluarga sendiri, diajak ngobrol banyaaaaak, terus kasi kita snack ala desa yang banyak, terus senyum mulu.

And know I become an eyewitness of the friendliness of Indonesian people, that I thought it was just a cliche that was only taught at school. Just come to the village and prove it, you rarely see it in the big city like I stay. We were so welcomed at the first time we arrived here like their own family, and they loved to talk everything to us, gave us delicious foods, and always smiled to us.


Kadang-kadang orang kota kayak kita emang butuh refreshing ke desa, kembali ke alam banget gitu deh....
Sometimes, we have to go refreshing to village, back to nature.



Cella, Olvin, Chelle, Ubi, Tika, Intan; 8 kilometer dari Puncak Merapi.
-
8 kilometres from top of Merapi Mountain.


Tunggu lanjutan ceritanya yah. Selanjutnya gua lanjutin cerita hari pertama pas malemnya.
Okay, wait for the next post, I'll tell you the story at that night. Sorry for my bad English if you notice any mistakes in this post. :')




Gubug Selo Merapi
(Gereja St. Petrus Kanisius)
 Jl. Pos Babadan km 1
Grogol Mangunsoka, Dukun
Kab. Magelang 56482
More photos : click here

Wednesday, August 27, 2014

Long Road to Merapi (Live In Merapi 2010 Part 1)

Musim liburan udah lewat, tapi gua libur ngampus masih sebulan lagi padahal temen-temen gua yang kampus lain udah pada masuk semua (kampus gua kalo libur dari semester genap ke ganjil sampe 3 bulan). Liburan ini gua ga pergi yang travelling jauh-jauh gitu. Tadinya sih mau pergi ke tempat yang jauh sama temen-temen, tapi guanya ga jadi ya sudah lah ridho-in ajah.

Terus gua jadinya mau cerita aja tentang pengalaman wisata gua yang seru bingits beberapa taun lalu. Sebenernya gua udah pernah bikin post-nya taun 2010 (kalo yang ngikutin blog gua dari lama pasti tau), tapi karena sibuk sekolah jadinya gua singkatin cerita 5 hari wisata ke dalam satu post. Karena post yang lama rusak, jadinya gua ceritain lagi deh buat kalian semua, kali ini akan gua pecah menjadi beberapa post dan ceritanya lebih detail.

Dan karena post ini akan masuk dalam label "travel" jadinya gua bikin bilingual deh!
Mari kita mulai ceritanya, kembali ke Oktober 2010.


Balik lagi ke Oktober 2010
(Back to October 2010)

Gua masih kelas 11, jaman-jaman gua baru masuk kelas IPA, stres banget masuk kelas IPA tapi ga pinter eksakta terus jadinya nilainya jeblok semua deh, PR banyak begadang mulu pusing sama rumus. Giliran taun itu kita ada live-in, gua senengnya bukan main! Akhirnya bisa jauh-jauh dari rumus, terus main di desa bareng temen-temen sekolah.

I was in grade 11, in grade 11 classes are divided into science class and social class, and I chose science class. Was super stressed out everyday facing formulas, numbers, sleepless days and many else in class. So when school held annual live-in, I was super happy because I could kick all of those sh*t things ahead from my mind, having a leisure time with friends in nature!


Buat yang ga tau live-in, itu semacam kegiatan sekolah gitu lah yang tinggal di desa dan ngalamin kehidupan di desa gitu. Kita nginepnya bukan di wisma atau hotel gitu, tapi nanti setiap anak bakalan ditaruh di rumah penduduk setempat dan bakal dianggap "anak" sendiri, jadi kita punya "induk semang" di sana. Yah paling kegiatannya di situ bantuin induk semang di sawah dan sebagainya jadi anak desa gitu. Seru kan? Tapi yah kalo pulang bikin laporan live-in gitu buat sekolah. Biasanya sih sekolah swasta yang ngadain, gua ga tau sekolah negeri ngadain beginian apa nggak.

For those of you who doesn't any mind about what "live-in" is, it's a homestay in the village, so every student will have homestay parent. In 3 days you will help your homestay parent, such as farming, and enjoying the beauty of mother nature in village. It's like a refreshing environmental learning, but at the time you go back, you have to make a report. Such a fun, uh?


Sementara itu, kita di sekolah udah di-briefing sama guru-guru. Macem-macem lah, mulai dari bawa apa aja, sampe kalo di desa nanti jaga omongan juga. Sampe akhirnya H-1 malem gua lagi packing sambil asik chatting ngakak bareng Tika + KS di Skype, bokap nanya sama gua.

We'd been briefed by teachers everything that we had to bring etc. D-1 before going to the village, I packed everything for the next 5 days while chatting at Skype with Tika and KS. My Dad came into my room and asked me.


Bokap : Kamu emang mau pergi ke mana sih live-in? *doi belom tau*
Gue : Ke Muntilan, bilangnya sih di surat edaran di deket Merapi.
Bokap : HA? KE MERAPI? Merapi tuh mau meletus tau, liat di berita!

Dad : So, where will you go tomorrow? *he didn't know*
Me : Muntilan, the teachers said it's near from Mount Merapi.
Dad : WHAT? GO TO MERAPI? Merapi will explode soon, you know? Check the news!


Jadi lokasi live-in gua ada di Kota Muntilan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Kota Muntilan itu adanya di lereng Gunung Merapi. Gua ga tau apa-apa, abis jarang nyetel tivi waktu itu. Ternyata gua baru tau kalo ternyata status Gunung Merapi sebagai salah satu gunung berapi paling aktif di dunia lagi dalam status waspada, naik satu tingkat dari normal aktif.

So, my homestay location is in Muntilan City, Magelang Regency, Central Java Province. Muntilan is located in slope of Mount Merapi. I didn't know anything as I rarely watched TV at that time. And I just knew at that time Mount Merapi, as the one of the most active volcanic mountains in the world, has reached the level 2 alert from level 1.


Pantesan dari minggu kemarinnya ada pertemuan orang tua di sekolah ngebahas live-in di Muntilan, bokapnya salah satu orang tua murid ada yang nolak mentah-mentah suruh batalin live-in karena status Gunung Merapi jadi waspada. Guru-guru bilang mereka tetep ngelaksanain live-in karena pastor setempat sebagai penanggungjawab bilang di situ aman dan dia bisa jamin. Hmm bokap nyokap sih biarin aja sekolah bilang aman, bodo amat lah yang penting pergi live-in horeeeee.

So exactly, that was the reason why some parents of my friends told to teachers in the parents meeting to cancel the homestay, but the teachers declined the idea as the homestay event organiser in Muntilan said it was save. My parents were one of the parents who let me go to Muntilan, whatever, LET'S GO HOMESTAYING YEAY!



Briefing. Mam' Yo + Pak Sukris.



Hari pertama dimulai
(Started the first day)

Disuruh kumpul di sekolah jam 10-an, tapi..... jadinya lama banget berangkatnya sekitar jam 2-3 gitu karena bisnya belom dateng. Terus kita pada dibagiin kaos live-in buat identitas gitu nanti di sana, kaosnya warna abu-abu. dan buat ngisi waktu kosong kita pada foto-foto gaje.

We were told to gather in school around 10 AM, but the next announcement said we would go at 2 or 3 PM because the buses hadn't arrived. We were given the gray homestay event's T-shirt, we changed our clothes with that tee, and took some pictures while waiting the buses.



Ga banyak berubah kan gua dari 4 taun lalu? Paling gua waktu itu masi pake kawat gigi.
Prisil (nyelip), KS, Rere, Ubi, Tika.
-
There are not so many changes of mine between myself now and four years ago,
I got my my teeth braced at that time. :)

KC, Ubi, Chelle, Onel.


Onel, Ubi, Tika.


Ngajakin Pak Johan si guru agama nyentrik foto bareng!
KS, Ubi, Afgan, Pak Johan, KC, Onel, Gaby, Ijan, Tika.
-
We took a photo with our funky yet super funny teacher, Mr. Johan!


Seinget gua ada beberapa anak sih yang akhirnya ga bole ikut live-in sama orang tuanya takut kenapa-napa di sana. Suer bete banget lama abis, ini mah sekolah pasti sengaja suruh datengnya dari jam 10 biar amit-amit kalo ada yang telat masi bisa ke sini. Yah tapi karena berangkatnya masi lama, jadi yah ada bagusnya juga sih buat yang masi ketinggalan barang gitu tapi masi mau balik lagi, contohnya adalah si Dokter Cinta kelas 11-IPA yaitu Yoshua Pieter alias YP.

Some of my friends weren't allowed by their parents so they didn't came to school. Super bored waiting the buses, I think school calculated the chance of students who would come late. Well, it's an advantage for some students who forgot to bring something before going to Muntilan, like my class' "Doctor Love", Yoshua Pieter a.k.a YP.


YP : ANJRIT YA AMPUN!
Teman lain : Kenapa Yep'?
YP : NJIRRRRR GUA LUPA BAWA KOLOOOORRRR!!!!! *langsung lari-lari ke luar sekolah*

YP : OHMYGODD*MNSH*T!!!!
Friend : What's wrong dude?
YP : SH*T, FORGET TO BRING MY UNDERWEARS!!!!!!! *running out outside school*


Anjrit gua denger YP lupa bawa kolor sampe ngakak guling-guling bareng yang lain, YP langsung ngibrit pulang ke rumah itu ngambil segepok kolor buat nanti di sono, untung rumahnya deket sama sekolah. Lebih mirisnya sih untung dia inget, kalo nggak... masa ga pake kolor 5 hari di situ? Yah minimal masa 3 hari ga pake kolor? Kan kalo cowo konon katanya bisa pake kolor side A - side B, jadi cuma bisa buat 2 hari. :''''))))

Rolling on the floor laughing with other friends while hearing that HAHA! He went to his home quickly for taking his undies. Luckily his house is near from school, and he remembered the undies LOL!


Akhirnya bisnya datang deh...
Sekitar jam 3 sore baru berangkat dari sekolah, bisnya buat yang berangkat ini dibagi per desa biar gampang dibaginya nanti pas sampe di tempat. Gue sama Tika duduknya di belakang. kita di bis sempet norak karena bisnya ada WC-nya, waktu berangkat sih gue sama sekali ga pake WC-nya.

At 3 PM we went to Muntilan from school, the passengers are grouped by the villages they would stay. Me and my chairmate, Tika, sat at the back row. And this was the first time I saw the bus with restroom.



Pas berangkat mau masuk tol, ujan rintik-rintik.
-
It was drizzling when we would go at that time.

Rombongan bus gua.
-
Students at my bus.

Flyndie + Rayna, Fly lu kenape?
-
Fly, what's wrong with you? LOL.

Chelle + Cella, duduknya di depan gua dan Tika.
-
The girls sitting in front of me and my chairmate.



Ternyata agak susah sih pake WC-nya, contohnya adalah sebagai berikut.
Albi : *masuk WC*
Bis : *nikung tajam ke kiri*
Pintu WC : *terbuka dengan lebarnya*
Albi : WEH WEH WEH!! *panik*

It was so hard to use the restroom in the bus, for example Albi was panic when he peed and the door was opened when the bus turn to left.


Willy si susu bantal + Albi.


Kiwi : *gantian masuk WC*
Bis : *nikung tajam ke kanan*
Pintu WC : *terbuka lagi dengan lebarnya padahal Kiwi asik pipis*
Kiwi : *panik, terus langsung tutup lagi pintunya*

Same as Kiwi, he was also panic with the restroom door which opened when he peed.


Bima + YP, yang duduk di samping gua.


YP : Ih susah banget masa pipis di WC bis.
Gue : BUAHAHA emang 'napa Yep'?
YP : Abis WC-nya udah sempit, terus "nembak" pipisnya susah, jadi belecetan gitu. T3T

YP : Eh, so hard to pee in the bus' restroom.
Me : HAHA what's wrong?
YP : The restroom is so small, and the bus shakes, so hard to pee in the bowl. =__=



Hayoloh lagi pada main apa.
-
Whatcha doing?


Muka lu semua kenapeeee?????
-
What's wrong with your faces, guys????


Pemandangan sepanjang jalan.
-
The view along the way.


Rasanya seneng banget deh bisa pergi jauh sama temen-temen rame-rame. Seharian di bis tapi kita ga ada matinya, ada aja topik yang bisa diomongin sama temen-temen lainnya seharian. Akhirnya sampe malem, mampir di salah satu rumah makan yang ada di rest area, entah kita jam segitu udah sampe daerah mana, makan sampe puas deh.

It's such a happy escape to go with friends together. Sitting in the bus all day long, but we never stopped talking each other. At the night, we stopped at diner at rest area.


Bis yang lagi parkir.
-
The parked bus.


Lagi ngantri makanan.
-
Queueing for dinner.


Jejen, KS, Tika, Ubi.


Makan!
-
FEAST!


KS si bidadari.
-
KS the fairy.


KS versi sebelum dan sesudah dikasi senter sama Willy HAHAH!
-
Before and after highlighted with flashlight by Willy HAHA.


Ubi, KS, Fiola, Cella, Tika, Onel, Jejen.


Willy, Onel, Cella, Fiola, Fiola, David, KS, Jeremy, Intan, Tika, Chelle, Harry.


Malem itu perjalanan lanjut lagi, dan akhirnya sampai di Tegal terus turun di toilet MURI, yang katanya POM bensin dengan toilet terbanyak se-Indonesia, totalnya ada 107 pintu. Bayangin WC cowonya deh tempat pipis berdirinya pasti panjang banget. Anyway toiletnya SUPER BERSIH! Jarang-jarang bisa nemu toilet kayak gitu di POM bensin, tapi numpang pipis di sini bayar seribu.

After finished eating, we continued the journey, hours later we arrived at Tegal City to take a rest again. We arrived at the gas station which has the most many restroom in Indonesia, with total 107 restrooms. So let's imagine how long the urinoirs at gents restroom. Anyway, the restrooms were super clean, so rare to find the clean restroom at gas station, and... you must pay Rp 1000 after you use the restrooms.



Toilet cewek.
-
Ladies restroom


Dan di situ kan ada minimarket sama kafe, pada banyak yang ngopi, sedangkan gue niatan beli sikat gigi sama odol buat sikat gigi massal di situ bareng Tika, Fanie, Grace. soalnya mulut gue udah bau banget udah kayak napas naga setengah mati gara-gara makan terus kurang minum gara-gara takut pipis... akhirnya malem itu mulut bersih kembali, seger abis!

Many friends of mine having cups of coffee at that night, I bought tooth brush and tooth paste to brush teeth with Tika, Fanie and Grace. 


Minimarket.


Istirahat sebentar.
-
Taking a break.


Masuk hari kedua
(Day 2)

Gua itung hari kedua yah karena udah lewat jam 12 malam. Dari toilet MURI malem itu lanjut jalan lagi, ngeliat di jendela udah cuma hitam semua, sawah gelap-gelap. Dan ga sampe di situ..... kita sempet transit di tempat jualan wingko babat. Walah! padahal udah asik-asik tidur gitu sekitar 2 jam malah bangun lagi, istirahat 1 jam. Ga bisa tidur gara-gara banyak anak-anak yang jalan-jalan di bis. Dan baru kali ini gue kurang tidur parah, tadinya udah tidur sekitar 1 jam tapi bangun gara-gara kedinginan. Ga ada kerjaan nungguin 1 jam, gue foto-foto.

I counted it as day 2 because it was already 12 AM. From "Toilet MURI" we continued the journey, saw everything was black outside.... and the next stop was at wingko babat (Javanese traditional snack) shop. After that, we slept in the bus, awaken up, and took a rest about 1 hour. We couldn't sleep as many friends of mine walking inside the bus, I was chilled and woke up. Later, I took some photos inside the bus.



Mario + Albi.


Ando yang juga sama-sama motret.
-
Ando, my friend, who was bored and was taking a picture like me.


Tika si temen sebangku gua.
-
Tika, my chairmate.


Sama Willy.


Akhirnya bisa tidur juga
(Finally I could sleep)

Gua udah keabisan topik sama Tika, setelah jam 1 berangkat dari tempat wingko babat, gua tidur lagi 1 jam. Ternyata 2 jam kemudian, bis-bis berhenti di tanah kosong. Ternyata jadwal berikutnya adalah berdoa Rosario di Gua Maria Kerep (ternyata sudah sampai di Ambarawa). Duh gue kira langsung bablas bangun-bangun udah di Muntilan. Tidurnya begitu, kepala gua penat banget asli.

Me and Tika runned out of topics at that night so we slept again about an hour. Two hours later, the buses stopped at parking place. The next schedule was praying Rosary at Gua Maria Kerep Ambarawa. Duh, I thought I woke up in Muntilan, exhausted so much.

Semua disuruh turun dari bis, dan rombongan dibagi per kloter karena ke Gua Maria naik angkot carter-an. Gila angkotnya sihhhh jagoan loh tancep gas di tanjakan belok kiri kanan sampe kita semua hening di dalem ga ada yang ngobrol saking seremnya.

We stepped out from the buses, and the students were divided into small groups to be picked up with angkot (mini van). Wtf felt like riding rollercoasters when picked up by angkots at that morning, they went so fast when went to up of the mountain!


Sebelum doa.
-
Before praying.


Uda gitu, masuk komplek Gua Maria, duduk di depan Gua Maria-nya, terus doa Rosario. Duh gua sih asli ngantuk banget....... kan doa Rosario kan ada doa Bapa Kami, Salam Maria sama Kemuliaan tuh. Giliran doa Salam Maria gua tidur, giliran doa Bapa Kami sama Kemuliaan gua baru komat kamit doa. *ampuni hamba ya Tuhan*

So drowsy while seating in front of St. Mary's Cave for Rosary praying, even I skipped all of those "Hail Mary" to sleep, and just pray the "Our Father" and "Glory" part. *forgive me Lord*


Nongkrong bareng abis doa.
-
After praying.


Manusia photobomb, si KS.
-
KS, the photobomb man.


Matahari terbit dari kota Ambarawa.
-
Sunrise from Ambarawa City.

Abis doa.
-
After praying.


Ubi + Tika.

Rere, Harry, Tommy, Ubi, KC, Mike.

Gerbang komplek Gua Maria.
-
The gate.



Gunung Merapi dari Kota Ambarawa.
-
Mount Merapi from Ambarawa City.


KS si manusia photobomb, Bu Tiur, Rayna.
-
KS the-photobomb-man, Ms. Tiur, Rayna.

Eh ada Ando si Roti-Bun.
-
Ando, the bun-head look alike.


Cella + Tika bonus KS si manusia photobomb.
-
Cella + Tika, with KS the-photobomb-man.


Jam 7 pagi, balik lagi ke tempat parkir bis dan berangkat ke lereng Merapi. Karena udah kecapekan dan celeng, akhirnya kita semua uda diem di bis dan gua sendiri ketiduran di kursi gara-gara rontok. Pemandangan di jendela bis semuanya udah ijo-ijo sama ada sinar matahari, bagus deh... tapi guanya uda kecapekan dan akhirnya semuanya gelap deh...... *ngorok*

7 AM, went back again to buses and continued the trip to Mount Merapi. Super exhausted, so we slept at the chairs. All of the view outside was green and sunlight came through the windows, it was very nice, but couldn't enjoy the view anymore as my eyes were closing themselves.


Gimana cerita petualangan kita semua di Merapi setelah gua bangun tidur?
Tunggu cerita selanjutnya yah.

About the next story in Merapi, wait for the the next post. ;)



Sampai jumpa di post selanjutnya.
-
See you at the next post.


Photo credit : Tika + Grace.



Toilet MURI Tegal
SPBU MURI 44-52108 
Jl. Mayjen Soetoyo, Purwahamba, Tegal
More photos : click here


Gua Maria Kerep Ambarawa
Paroki Santo Yusup Ambarawa
Jl. Mgr. Sugijapranata No. 56 Ambarawa 50614
Telepon (0298) 591028 Fax (0298) 596344
Koordinat GPS : S7°15'17.2" E110°23'56.9"
Akses jalan: S7°15' 37.3' E110°24' 0.5'