• • ABOUT • • FOOD REVIEW • • HIGH SCHOOL LIFE • • TRAVEL • • UNIVERSITY LIFE • •

Monday, September 29, 2014

Merapi's Purpose (Live In Merapi 2010 Part 8)

Cerita sebelumnya
(Previous story)

Bisa dilihat di  part 1part 2part 3part 4part 5part 6, dan part 7.
Sebelum pulang dari Gunung Merapi ke Jakarta, akhirnya gua dan temen-temen bisa mampir dulu ngunjungin Candi Borobudur dan belanja di Malioboro. Akhirnya pulang juga setelah rencana live in berantakan gara-gara harus evakuasi akibat gunungnya meletus.


You can read it on part 1part 2part 3part 4part 5part 6, and part 7.
We visited Borobudur temple and shopped in Malioboro before we went back to Jakarta, finally... we've passed three frustating days in our live as the homestay program was messed up by Merapi's eruption.



Woi, bangun lo semua!
-
Hey, get up guys!


Pagi hari
(In the morning)


Bangun-bangun udah sampe Jawa Barat, dan kita sempet turun bentar di Subang buat istirahat dan beli oleh-oleh. Pagi itu kita ga dapet sarapan jadi laper banget! Gue ngemil Chitato. Untung dapet sisa snack yang kemarin dikasih, gue makan 2 kotak. Lumayan buat ganjel laper. Pegel juga yah tidur di dalem bis.

Woke up and found the buses already reached West Java, we stopped took a rest and buying some goods in Subang. That morning, we didn't have any breakfast so I was so starving, luckily I didn't eat all of my snacks so I ate them. 


Justin, Tika, Cella.


Muka si KC HAHAHAHA!
-
Look at KC's face, LOL.


Muka najong bangun tidur belom cuci muka semua.
-
Our oily faces in the morning.



Singkat cerita, jam setengah 9 sampe di sekolah lagi! Gile capeeeeeeeeeeekkk. Tapi gue jadi seneng tidur di bis, biar bisa pamer dikit coy sama orang-orang gua punya pengalaman tidur di bis (ga penting). Pulangnya makan bentar rame-rame ke warteg di pasar seberang sekolah terus pulang ke rumah nebeng mobilnya si Robert rame-rame. Yang gua lakukan setelah pulang adalah mandi dan keramas sampe puas, terus tidur deh yang panjang.

To be short, 8.30 AM we arrived at school! Super tired at that time as I spent my time in bus only for sleeping. Me and friends had a lunch in small restaurant near the school and went back home together with friends by Robert's car. Then, I just took a bath, washed my hair, and..... slept as long as I could.


Keesokan harinya
(At the next day)


Bokap gua lagi nyetel TV, dan dia lagi nonton berita. Gua kaget bukan main, gua baru sampe di Jakarta hari Jumat, dan ternyata di TV bilang kalo Merapi meletus hebat dan lebih dahsyat! Efek dari letusan itu adalah semuanya sudah disuruh ngungsi oleh pemerintah setempat, dan mulai berjatuhan korban akibat luncuran awan panas yang keluar dari puncak gunung dan menyapu rumah-rumah penduduk. Dan kalo ga salah denger, waktu itu di daerah Magelang, kawasan di mana gua dan temen-temen ngadain live in sekarang udah kosong, dan desa-desa udah diselimutin debu dengan tebal sekitar 5 cm.

My dad was watching TV news, and I shocked when I passed the TV and watched it too. I'd just arrived in Jakarta on Friday, and at that time the TV said Mount Merapi was exploding and it was greater than when I was in Muntilan! Local people there were evacuated by the local goverment, and lot of people became victims as Merapi's hot cloud glided from the top of the mountain and swiped the houses there. The place I had homestay was cleared, and the villages were covered by ash which was 5 centimetres thick.


Hari Kamis kemarinnya kita ke Malioboro, di berita persis nampilin Malioboro pada hari Sabtu itu juga pas gua lagi nonton berita. Seluruh pedagang di situ sama sekali ga ada yang jualan karena di Jogja terjadi hujan debu dan semuanya ketutup debu, di jalanan cuma ada sedikit kendaraan yang lalu lalang. Seluruh akses jalan buat naik ke lereng Gunung Merapi ditutup polantas kecuali untuk mobil-mobil yang akan naik ke atas untuk keperluan evakuasi warga yang tinggal di lereng gunung, seinget gua pas waktu itu seluruh desa dalam (kalo ga salah inget) radius 20 km dari puncak Gunung Merapi harus kosong untuk mengantisipasi luncuran awan panas, atau yang lebih dikenal dengan "wedhus gembel" untuk warga lokal.

The news showed Malioboro on Saturday, where me and friends shopped on Thursday. All of the shops were closed as Jogja had ash raining and all of the things there also covered with it, only few of vehicles still passed on Malioboro. All of the accesses to go to Merapi were closed by traffic polices, but the vehicles for evacuating local people there were allowed to go uphill. Villages in radius 20 kilometres from top of the mountain had to be cleared to anticipate more victims of hot cloud, or usually known as "wedhus gembel" for the locals.


Gile...... gua sampe bengong nonton tivi waktu itu. Ini kenapa begini?
WTF what was going on there, I couldn't say a word when I watched the news.


Lalu ingatan gua kembali ke malam di rumah retret....
(Later, I remembered the night when we were in retreat house)


Di part 6, gua cerita kan waktu itu seluruh guru, murid, tim edukasi, dan beberapa induk semang semua kumpul di rumah retret di bagian ruangan yang dijadiin kamar cowo. Waktu itu, kita semua disuruh merekoleksi kembali, gimana selama kita tinggal di Merapi. Gua agak lupa sebenernya secara detil mereka cerita apa, hanya beberapa bagian yang gua inget.

At that time, we were told to think about the things happened there, I don't remember all of the parts, but I write all of the things I remember.


Hidup di Merapi memang sederhana, selama gua di sono, yah ga ada fasilitas-fasilitas yang gimana-gimana gitu. Penduduk di sono ke mana-mana jalan kaki, seperti yang sebelumnya yang gua ceritain di part 3, Sekar aja yang masi TK kalo sekolah aja jalan kaki berkilo-kilometer. Orang di sono jarang ada yang punya motor, apalagi mobil, malah ga pernah liat gua (yang paling mewah aja kendaraannya di sono motor Honda Tiger).

Living in Merapi means less facilities you could get. Local people there always go by feet, as I told you in part 3, Sekar (my homestay parent's daughter) went to kindergarten by walking for kilometres. It's so rare to see local people have vehicles.


Gua sendiri sih bingung kalo mereka sakit gitu di sono, klinik terdekat di mana yak? Gua agak bingung sih, di sono abis kayak fasilitas umum hampir sama sekali ga keliatan, kecuali Gubug Selo Merapi (itu gereja sih). Gua aja di sono ga liat warung loh, hmm mungkin guanya aja kali yang ga liat.

I just curious if they're sick and need to go to doctor or even be hospitalized. I just didn't see where a clinic was, even the public facilities there, the only one I recognised just Gubug Selo Merapi. I even didn't see small shop there, so I was so confused to guess where they have to go if they want to buy something like daily needs.


Terus salah satu induk semang sih cerita sama kita. Bayaran duit sekolah kita di Jakarta berapa? Pasti ga akan sebanding lah dengan perjuangan anak-anak doi sekolah. Hmm, ambilah standar harga kemaren gua makan bakwan malang Rp 3.000 rupiah doang semangkok, padahal kalo di Jakarta pasti harganya Rp 10.000 lah biasanya, pastinya untuk mereka duit Rp 50.000 itu guedeeee banget, kalo di Jakarta cuma bisa beli bakwan malang 5 mangkok, Joshua bilang duit Rp 50.000 di sono bisa traktir temen-temen sekelas sampe muntah-muntah LOL.

One of the homestay parents shared some stories for us. She shared her struggle to pay the school tuition fee every month, when she said how much she has to pay every month, it's just not as comparable as our tuition fee every month. You know, the standart of price in there is very low if you compare it with Jakarta's standart of price. 


Nah, anak-anak di sono udah sekolahnya jauh, ke sono jalan kaki, duit sekolahnya juga untuk anaknya si induk semang yang waktu itu juga sama-sama setingkat SMA yah ga sebanding sih dibanding iuran bulanan sekolah gua, jauh banget deh... tapi yang pasti induk semang yang jadi narasumber malem itu bilang, dia sangat mengutamakan pendidikan anaknya, sebutlah sejumlah angka.... buat kita di Jakarta duit di sini cuma buat makan cantik kali sama shopping, di sono duitnya sangat berarti loh untuk mereka sekolah.

The condition of children there with us was so contrast, but the homestay parent said her priority is her children's education. About their tutition fee, it's just comparable for enjoying your weekend in Jakarta.


Di desa juga norma kan kebanyakan kalo uda malem-malem ga bole keluar-keluar, yah.... susah juga sih ternyata kalo mau keluar, penerangan di jalan ga ada, padahal itu gunung men..... astagah. Dan masi banyak lagi kesederhanaan-kesederhanaan yang bakal lu temui selama lu tinggal di desa, kalo kalian sangat terlena dengan fasilitas di kota macem ada supir lah, mall lah, dan lain sebagainya, coba deh tinggal di desa seminggu dah..... gua sendiri ga ada internet waktu itu juga betah sih, bisa liat-liat, foto-foto, terus yah.... kalo gua sih asal kamera selalu stand by sih sama batrenya selalu ada, gua sih betah banget deh biar kata di desa. :')

Other things I saw there, there's no lighting in the street, and many else you could see why living in village is so hard for the people who live in a city. 


Untuk mereka, Merapi meletus itu seperti dua sisi mata uang.
Karena dengan meletusnya Merapi, material letusan dari perut gunung itu menyuburkan tanah Merapi. Makanya jangan heran kalo pernah denger kalo gunung di tanah Merapi itu salah satu yang tersubur di dunia, karena secara rutin setiap siklus sekitar 3-5 tahun sekali Merapi akan meletus. Jadi mau tanem apa aja kata induk semang gua pasti bakalan tumbuh di sana.

For them, the exploding Merapi is just like two sides of a coin.
Its exploding materials fertilize the soil, so the soil in Merapi is one of the most fertile lands in the world, as Merapi has a 3-5 years cycle to explode.


Begitulah kehidupan di Merapi, yah jadi inget lirik lagunya Koes Plus yang di lagu "Kolam Susu", kalau orang-orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman.

I just remember like a lyric of Indonesian song titled "Kolam Susu" or "Pond of Milk", it says our land is land of heaven, even a branch and stone can be a plant here.


Dan udah rahasia umum kalo pemerintah di sini masih ga gitu peduli dengan pembangunan infrastruktur di daerah-daerah, ditambah dengan berbelitnya birokrasi yang ada untuk pencairan dana kalo mau bikin infrastuktur yah. Tapi... kalo Merapi dikabarin bakalan meletus, pemerintah lokal langsung sigap memperbaiki infrastruktur jalan seperti dengan nambal jalan dengan aspal hotmix (yang gua ceritain di part 1), supaya kalo pas evakuasi warga pake mobil, jalanan sudah mulus dan ga menghambat jalan evakuasi.

Everybody knows if goverment here still don't care about infrastructure developments in villages, plus the bad bureaucracy here. But, if Merapi will explode soon, local goverment will repair the main roads in there quickly, like repairing the road with asphalt (part 1) so the cars don't face a rocky road and easily evacuate the local people. 


Konsekuensinya kalo jalanan penghubung antar desa ga mulus, pasti bakalan didamprat sama presiden langsung, karena di TV sendiri dibilang kalo Merapi itu adalah bencana nasional, sehingga yang turut turun tangan dalam proses evakuasi adalah Badan Penanggulangan Bencana Nasional. Kata induk semang kita, kalo Merapi ga meletus, boro-boro jalanan bakalan diperbaikin, yang ada tambah ga mulus dan akan semakin hancur, jadi bisa dibilang mereka seneng tiap ada kabar Merapi mau meletus, jalanan langsung mulus. Yah... walaupun kualitas aspalnya juga katanya ga bagus-bagus amat, karena dalam dua-tiga tahun kemudian, pasti jalanan bakal bolong lagi gitu deh.

If the main roads aren't repaired, it means the president will be angry to the local goverment, as usually the exploding mounts here will be the national headline news, and central goverment will focus on that thing. One of the homestay parent said to us, if Merapi never explodes anymore, so the goverment won't ever repair the main roads in Merapi. Even they repair the road, they just use low quality asphalt, as in 2-3 years the road will be rocky again.


Tapi entah kenapa, mereka kalau disuruh ngungsi, mereka ga mau turun....
(But hey, do you know when Merapi explodes, local people won't evacuate themselves)


Diinget-inget lagi baru nyadar juga yah, pas di cerita part 4, kita semua panik dan langsung ngungsi ke Gubug Selo Merapi, tapi induk semang kita semuanya ga ada yang ikutan ngungsi loh. Induk semang gua aja, Ibu Suliah cuma gendong anak dan kunci pintu terus ke rumah abangnya, sementara abangnya juga cuma nganterin kita ke jalan depan desa tapi ga turun ngungsi, cuma balik doang ke rumah.

I just realise it, in part 4, we were so panic and went to Gubug Selo Merapi, but all of our homestay parents didn't evacuate themselves like we did. My homestay parent just carried her child, locked the door, and just went to her brother's house. Even her brother just accompanied us to the main road and just went back home.


Sementara kita semua panik ga jelas gitu, terus sampe doa bareng segala di sono, terus malah si Eban bilang, "Duh ya Tuhan, kalo sekarang Tuhan mau cabut nyawa saya di sini, ambil deh...." ckck. Kampret emang, ga taunya setelah dia ngomong kayak gitu, dia duluan dievakuasi turun ke bawa, nyawanya ga jadi diambil deh LOL.

Meanwhile, we were so panic there, we prayed together, and even one of my friend said, "God, just take my soul now". But what? He was evacuated earlier than me, so God didn't take his soul LOL.


Dan, pas kita semua heboh nunggu evakuasi di Gubug Selo, si JoChris yang ternyata rumah induk semangnya tepat di seberang Gubug Selo (tapi naik dikit lewat tanjakan), terus ga taunya dia malah dipanggilin sama si induk semang dari rumahnya...
Induk semang : Nak, ayo sini makan malem dulu sebelum pergi.
JoChris : Iya 'Bu. *ngacir lagi balik terus makan malem, LOL!!!!*

When we were so panic in Gubug Selo, JoChris, which his homestay house was just across the Gubug Selo, was called by his homestay parent from the house.
Homestay parent : Child, come on, have a dinner before you go!
JoChris : Okay. *so he went to his homestay house for a dinner LOL*


Ternyata di balik kepanikan itu, penduduk semua tenang-tenang aja. Kayaknya saking mereka udah biasa kali begini terus, terus ga ada apa-apa mulu, jadinya mereka kayak santai-santai aja gitu kalo Merapi udah mulai erupsi. Dan contohnya kayak abangnya Ibu Suliah, dengan santainya dia nonton TV dan selalu bilang kalo berita di TV itu lebay semua dan ga sesuai sama apa yang mereka alamin di sini.

All of the local people were so calm, I think they're just get used to with this situation. Like Ibu Suliah's brother, he was just watching TV and said the news was just kinda hiperbolic and wasn't like what they felt there.


Lagian, temen gua malah ada yang begini pas lagi hujan abu...
Induk semang : NAK! LAGI HUJAN ABU LOOOHHH! SINI KAMU KELUAR NONTON YUK BARENG IBU!

Even my friend when the ash was raining at the night...
His homestay parent : KID! LOOK IT'S ASH RAINING! GO OUTSIDE AND SEE IT WITH ME KID!


Hmm, sebenernya dengan mereka yang ga mau turun gunung kalo Merapi udah meletus, bikin gua khawatir sih... udah kayak gini mereka semua beneran udah turun belom yah padahal udah hujan abu setebal 5 cm di sono. =______=

With that kinda situation, I'm worried of them, has they evacuated themselves when the news said the ash raining there makes 5 centimetres thick there.


Mungkin.....
(Maybe....)


Hmmm gua sendiri sih ga berani sotoy yah, tapi gua rasa mereka semua berani untuk tinggal di Gunung Merapi dan tidak takut dengannya karena gua pernah denger satu kata dari salah satu bapak dari tim edukasi yang selalu diulang di awal kita dateng di Merapi dan malem di mana kita ngumpul di rumah retret.

I don't speculate anything, but I guess they're all brave to live in Merapi and never scare of it because I heard a sentence from on of the homestay team which was said when we came to Merapi and the night when we were in retreat house.


Bapak tim edukasi : Kalo sedang kayak gini, wis Merapi sedang punya gawe (= maksud).
Homestay team : You know, Merapi is just having a purpose.

Entah Merapi punya gawe apa.
I don't know what purpose it is.


Pas gua lagi nulis serial wisata ke Merapi ini, gua sendiri googling ke mana aja luncuran awan panas waktu itu, dan katanya sih yang gua dapet di Google... pada taun 2010 itu awan panas meluncur ke daerah barat daya dan selatan gunung, dan tempat dulu gua live in termasuk dalam daerah peta terdampak. Sepekan setelah kita semua turun gunung, waktu itu publik geger karena juru kunci Gunung Merapi yang terkenal waktu itu, Mbah Marijan, wafat karena gunung yang ia jaga bertahun-tahun. #respect

As I'm writing this Merapi travel series, I google where the hot cloud glided, and news said the hot cloud glided to south and southwest of the mount, which was the place where I had homestay. And for your information, a week after we went back to Jakarta, the famous traditional gatekeeper of Mount Merapi, Mbah Marijan, died because of the hot cloud from the mount he had been keeping for years. #respect


Gua harap Ibu Suliah, Sekar, Rio, Bapak serta istri dan anak serta Mbah Yoso dan semua orang-orang baik yang gua dan temen-temen ketemu di sana semuanya baik-baik aja sekarang. Sayang sih gua agak menyesal dulu ga kepikiran untuk foto bareng mereka, jadinya gua ga bisa pajang foto mereka sekarang di blog gua.

I hoped Ibu Suliah, Sekar, Rio, Bapak and his wife and kid also Mbah Yoso and every good people I met there just fine now. Little bit regret for not taking pictures together with them.


Sampai akhirnya, di saat gua lagi down banget kayak sekarang banget ini, pas gua nulis ulang tentang kejadian di sana, bikin gua nyemangatin diri gua sendiri kalo hidup gua masi lebih baik dari mereka di sana. Gua akan kangen dengan mereka semua di sana. Dan semoga pemerintah makin peduli sama nasib mereka di sana, tolong dong kasi fasilitas terbaik untuk mereka-mereka yang baik hati di sana. :(

Now, when I'm so down, I remember the homestay story, and it encourages me as I can see my life is still better then theirs. I miss them all. I hope the goverment care about improving the local people's quality of life.



Dan akhirnya... ingatan gua pun balik lagi ke penutupan sesi malam refleksi
(At the last night in there)


Pas penutupan, salah satu bapak dari tim edukasi pun bilang sama kita,
Bapak : Kami tak menyangka kalau ternyata Gunung Merapi meletus seperti sekarang, sehingga menggagalkan jadwal kita. Kami dari Tim Edukasi Gunung Merapi memohon maaf yang sebesar-besarnya atas kejadian yang tak bisa kami cegah ini, sehingga kami menawarkan agar diadakan kegiatan live-in jika kalian berkenan.

At closing, one of the homestay team said to us,
Him : We don't expect if Mount Merapi explodes like now, and messed up our schedule. We, from The Merapi Education Team, deeply apologize for this situation we cannot prevent, so we offer the second homestay if you want.


Duh jadi ga enakan banget sih sebenernya, mereka sampe minta maafnya banget-banget gitu pas malem itu. Tapi Mam' Yo sebagai perwakilan guru akhirnya ngomong...
Mam' Yo : Tidak Pak, kami minta maaf kami menolak penawaran Bapak, karena justru kami yang berterima kasih kepada Bapak dan rekan-rekan yang ada, karena telah memberikan anak-anak pengalaman yang tidak akan terlupakan dan tidak pernah dirasakan oleh anak-anak sekolah manapun.

But Ms. Yo, as the representative of teachers, said...
Ms. Yo : We kindly refused your offer, we are the ones who must thank you and all of the team, for giving the unforgettable experience which other students from other schools can feel.


Malam itu ditutup dengan tepuk tangan, dan akhirnya kita semua tidur karena besoknya uda pulang deh. Bener sih, dipikir-pikir kayaknya baru gua doang sekolah lagi live-in tiba-tiba gunung meletus. Dan ga akan terlupakan kan? Sekarang aja gua lagi masukin blog nih.

The last night in Merapi was closed with applause, and silence as the students slept for going home at the next day. Really, it's just unforgettable.


Kadang-kadang, gua ngerasa kok ini kayak kebetulan yang bener-bener "kebetulan". Gimana nggak? Pas hari pertama baru nyampe di Merapi langsung disambut hujan abu dan batu, sehari setelah kita semua dari Jogja, seluruh Malioboro ditutup debu, Borobudur dan tempat wisata lainnya seperti keraton ditutup untuk umum, dan akses jalan menuju lereng Merapi semua ditutup.

Sometimes, I felt like this is just like a "planned" coincidence. The first day we arrived in Merapi, we were welcomed by ash and stone raining. A day after we left Jogja, Malioboro and all of the travel sites like Borobudur and keraton were closed, and also the accesses to the Merapi.


Semoga sih cuma perasaan gua doang. Dan semoga emang Merapi punya gawe untuk mereka semua dan mendatangkan kebaikan.

I hope it's just my feeling. And I hope Merapi's purpose brings goodness for the people.


Makasi yah Merapi buat pengalaman hidupnya.
-
Thanks Merapi for teaching us a lesson about life.

Wednesday, September 24, 2014

Take A Walk To Borobudur + Malioboro (Live In Merapi 2010 Part 7)

Cerita sebelumnya
(Previous stories)

Bisa dilihat di part 1part 2part 3part 4part 5 dan part 6.
Kita semua dipindahin ke rumah retret, karena rencana live in berantakan semua gara-gara hujan abu dan batu sehingga kita semua musti dievakuasi. Akhirnya hari ini kita semua pulang sesuai jadwal, turun dari Gunung Merapi buat jalan-jalan di Jogja dulu terus pulang deh.

You can read it on part 1part 2part 3part 4part 5 dan part 6.
We moved from the church to retreat house, as ash and stone raining was falling and forced us to be evacuated. As in schedule, we went back to Jakarta at day 4. Before touched down to Jakarta, we would visit Jogja.


Pagi hari
(In the morning)


Hari itu gue mandi dan keringan pake baju bekas lagi *sedih abis*, abis itu ada misa, ada sarapan sama foto bareng. Abis itu langsung masukin barang ke bis dan akhirnya cabut ke Jogja! Sebelumnya sisa barang ketinggalan udah dianterin, termasuk celana + handuk gue hore!

I took a bath and used a tee I wore at the day before as towel *sigh*. Later, a mass held before we went back to Jakarta, then we had a breakfast and took photos together. We loaded our luggages to the buses and went to Jogja! The missed things in homestay parents' houses were already delivered to us, included my trouser and my towel. :')


Dika, Dody + Agus.

Mike + Jeremy. Bosen nungguin misa.
-
Bored of waiting the mass.

Afgan, Rere, KS, KC, Rein, Justin. Mukanya bosen semua.
-
Bored to the max.

Ryan + Afgan. Main ajalah misanya lama.
-
Playing together while waiting the mass.

Pak Johan pimpin misa.
-
Mr. Johan conducted the mass.


Borobudur, kita datang!
(Borobudur, we're coming!)


Abis selese misa, kita semua naik bus buat pergi pulang. Tapi sebelumnya, kita sekalian jalan-jalan ke Candi Borobudur dulu. Ga lama sih akhirnya kita sampe juga di Candi Borobudur, langsung disamperin tukang jualan suvenir waaaaaaaah repot deh, mereka gencar banget jualannya sampe masuk-masuk bis segala, apalagi Tika tuh kena musti cepetan kabur pake jurus ninja LOL. Pertamanya di sono kita sih keliling pake tour guide, tapi lama-lama misah sendiri buat foto-foto hahah! Selanjutnya, biarkan foto berbicara.

First, we went to Borobudur Temple, it didn't took a long time to go to there from the retreat house. The first thing we saw were the enthusiastic souvenir sellers, offered keychains and other else to us, even while the bus was still parking. The sellers even entered the buses to offer you their things, so you have to be patient to decline them. Well, at the first time we walked there we were guided, but later we walked by ourselves to take pictures. So, let the pictures talk.



Salah satu candi kecil yang ada di deket Borobudur.
-
One of the small temple near Borobudur.

Tiket masuk.
-
The entrance ticket.

Ubi, Tika, KS, Chelle, KC.

KC, Gaby, Onel, Ubi.

Fanie, KS, Tika, Ubi, Josh, Rayna, Tata.

Borobudur dari kejauhan.
-
Borobudur from afar.

Ayo masuk!
-
Let's go!

Heh, Mike lu ngapain di sono?
-
Mike, what were you doing there?

Selfie dulu.
-
But first, let's take a selfie.

KS si manusia photobomb.
-
KS, the photobomb man.

Di depan Borobudur.
-
In front of Borobudur.

Relief Borobudur.
-
The reliefs.

John Vincent.

Ubi, Acit, Fanie, Tika, KS, Albert "Gigi", Josh, Agus.

Jalan menyusuri lorong yang ada.
-
Walking in the aisle.

Willy + Albi.

Jeremy + Nicks.

Seneng bisa ke Borobudur.
-
So happy to be in Borobudur.

Borobudur gede banget coy!!!!
-
Borobudur is so big!

Salah satu foto favorit gue.
-
My kinda favorite photo.


Abis keliling candi, langsung misah lagi ke rombongan yang beda buat belanja, di situ gue belanja rok sama tas. Waktu itu gue langsung norak, sebagai anak yang jarang sekali belanja sendiri, gue pegang duit banyak, terus banyak barang yang bisa ditawar, gue mulai kalap. Pertamanya gue ga tau standar harga di situ berapa.
Kalo ada barang kemahalan, dan ga tau gimana nawarnya, tenang aja.. Rombongan gue ada PAK BRAM! MUAHAHAHA! Tas 50 ribu ditawar sama dia 25 ribu. Wong Jogja dia. Pas di tempat makan siang, pada banyak yang beli macem-macem + aneh-aneh. Misalnya si Nicco beli busur + panahnya panjang banget, katanya buat pajangan di rumah.

After seeing around the temple, we shopped with the other in shopping section in Borobudur. At the first time I shopped there I didn't know the standart of price there, so if I wanted a thing there and I couldn't bargain it easily, I just asked Mr. Bram (my math teacher) to bargain it. He easily bargained a bag priced Rp 50.000 to Rp 25.000. Well said, he came from Jogja, so if you can speak Javanese it makes you easier to bargain things as you will be expected as the local people there, and even they tell you the opening price very cheap. 


Ke Malioboro
(At Malioboro)


Abis itu 1 jam kemudian ke Malioboro, kita dikasih waktu 2 jam buat belanja di Malioboro. Sampai di sono, bakalan banyak abang-abang becak yang nawarin elu buat naik becaknya dia keliling kota, dan bakalan banyak pedagang yang bakal nawarin barang dagangan mereka. Malioboro sendiri adalah salah satu jalan terkenal di Yogyakarta, di mana banyak sekali pedagang-pedagang di jalan Malioboro.

An hour later, we went to Malioboro, and we had two hours to explore and shop in Malioboro. The first thing you will see there are the rickshaw pullers who will ask you to use their service to explore the city, and the sellers who will offer their goods. Malioboro is a famous road in Yogyakarta, so many sellers along the roadsides.


Nama Malioboro sendiri berasal dari kata Sansekerta "Malyabhara" yang artinya kira-kira "jalan Raja dengan penuh untaian bunga" (malya = untaian bunga). Malioboro merupakan jalan garis imajiner Keraton Yogyakarta yang membentang dari utara ke selatan, dan dari dulu jalan ini suka dipake untuk penyambutan tamu penting dan acara-acara penting lainnya, misalnya arak-arakan pernikahan keraton.

Name of Malioboro came from Sanskrit word "Malyabhara" which means more or less "The King's road which fulfilled of chain of flowers". It is a road of imaginary line of Yogyakarta Palace which stretches from north to south, this road is one of the three main famous roads in Yogyakarta, usually it's used for welcoming the VIP guests and other important occasions, such as royal wedding parade.



Pak Sukris.


Siap-siap belanja!
-
Ready to shop!


Salah satu pertokoan di pinggir jalan Malioboro
-
The shops in Mailioboro.


Gue waktu itu belanjanya berempat bareng Gaby, Tika + Mei. Yang pinter nawar di sini si Gaby, kita beli baju barong kembaran deh. Wah udah kalap beli gelang beli kalung *maap namanya juga cewe*. Tapi pas gue udah kepikiran udah beli semuanya, gue jadi ga mau nambah lagi mau beli apaan. Ga kepikiran.

I shopped there together with Gaby, Tika and Mei. The one who good at bairganing was Gaby, she could bargain at the lowest price we could get, me and her could buy the same barong tees with the good price. We were concentrating to buy the things there, so cheap lah if you compare with Jakarta's standard price.


Yak untungnya kita bukan bule bok. Kalo lo orang asing, pasti harganya diketok lebih mahal. Waktu itu ada bule mau beli wayang buka harganya dari Rp 75.000, ga tau sih aslinya berapa, tapi pasti jauh lebih murah.

If you are foreigners, the sellers will give you the very expensive price. I saw a foreigner bought wayang (shadow puppet from leather) and the seller opened the price started from Rp 75.000, and later I saw domestic tourist bought a wayang to and the seller opened the price started from Rp 50.000. It would be wise if you asked your local friend to bargain things if you wanna save some money, and it would be better if your local friend can speak Javanese. I didn't really care about saving money tightly there, because they just earn some money for living. ;)


Sampai udah sekitar jam setengah 6, kita papasan sama (sebut saja) Bunga. Dia bawa kantong plastik belanjaan buanyak banget! Dan ternyata kita nyesel, tau gitu belanjanya bareng Bunga. Soalnya dia nawarnya sadis! Kita beli gelang 15 ribu dapet 2 sama dia 10 ribu dapet 4 *sadis abis!*. Sampe akhirnya dia bantuin kita nawar. Si Gaby mau beli tas kulit vintage dibuka harga 175 ribu, bisa dapet sama Fanie dengan gilanya dapet 60 ribu.

About 5.30 PM, we met a friend, just call her Bunga, she brought a plastic bag with full of goods. We regret no to shop together with her, she was super good in bargaining prices. We bought 2 bracelets for Rp 15.000 and she got the four same bracelets like us just for Rp 10.000. We saw how smart she was, she helped Gaby to buy a vintage leather bag and the price offered first was Rp 175.000, and Bunga got the fixed price just for Rp 60.000!


Tapi pas dia mau nawar gelang buat si Mei malah diusir, gara-gara yang jual sama-sama ngotot. :p

But when she helped Mei to buy some bracelets, the seller became angry as Bunga was so insistent to bargain the price LOL!

Akhirnya udah pegel-pegel belanja jam 6 balik lagi ke bis, dengan hasil belanjaan-belanjaannya. PUAS!
We were so exhausted, 6 PM we went back to the bus with our goods. SUPER SATISFIED!



Mike + Fanie.


JoChris + KC. Lelaki belanja.
-
Shopping boys.


Dan malem itu ga serame malem pas berangkat. Semuanya langsung tepar + diem-diem. Gue sih duduk sendiri jadi tidurnya bisa enak. Cuma pas kebangun pengen pipis leher gue salah posisi jadi pegel banget. Terus pas pipis di bis, itu SUSAH ABIS! Pipis aja bisa 10 menit kali di bis. Waaaahhhh! Akhirnya lanjut tidur lagi sampe pagi.

At the night, the bus was so silent, not like at the first time we went to Muntilan. Felt so easy to sleep at that night, but I felt pain in my neck as my sleeping position was wrong when I gotta go to the restroom. The first time I use bus' restroom, was sooooo hard. You know, the bus shaking everytime and it wasn't comfortable lah, I took 10 minutes only to take a pee. Then, I slept again until morning.



Sampai jumpa di post selanjutnya!
-
See you on the next post!


Photo credit : Grace + Tika.


Taman Wisata Candi Borobudur
Jl. Badrawati, Borobudur
Magelang, Central Java 56553
Indonesia

T : +62 293 788 266

Tuesday, September 23, 2014

6 Tahun!

HAI SEMUA! Gua sedih bok liburan kuliah 3 bulan gua udah abis. :')

Sejauh ini, liburan gua akhirnya bisa "balas dendam" sama tugas gua yang bikin jem tidur ga karuan, jalan-jalan deh sama temen-temen hahaha. Terus anyway bekas jerawat gua karena pola hidup yang gila semester kemaren udah lumayan sembuh loh HEHE gue seneng. Terus apa lagi yah? Hmm...

Terus liburan ini gua malah ga produktif buat bikin portfolio online, tapi malah jatohnya jadi produktif ke ngeblog dan nge-Instagram hehehe, beginilah kalo blogger punya waktu luang kebanyakan, produktifnya malah ke arah yang lain LOL.


Anyway, tanggal 11 September kemaren, gua udah resmi nge-blog selama 6 taun deh.
*confetti bertebaran*


Tapi, karena gua (setiap taunnya) lupa ulang taun blog gua (dan ingetnya selalu kalo udah lewat tanggal 11), jadinya gua dengan rencana mau bikin giveaway segala macem uda males deh HEHEHE, padahal hadiahnya uda gua siapin loh banyak, ga taunya uda kuliah lagi deh hehe.

Semoga blog ini makin tambah baik, makin menghasilkan sesuatu buat gua, dan makin makin yang lainnya deh. Ngantuk nih jem tidur belom bener dari libur ke kuliah, tadi pagi tidurnya dikit, jadi celeng ngetik post ini huhu. Sori yeh post-nya lagi rada ga penting. :p

.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.

Iseng bikin meme menyambut semester baru, maafkan selera humor gua yang sampah.



Anyway, buat yang ga tau, meme di atas itu ada hubungannya sama cerita gua dan temen-temen ngerjain komgraf UAS pas semester 3, ceritanya bisa diklik DI SINI.

Mau selesein post yang homestay di Merapi dulu deh, bye.


-AS

Saturday, September 20, 2014

OMG - Original Meatball Galore Meruya

At the first time I know OMG from JKTGo, I didn't realize if it's really near from my house, until one of my food hunting partners told me if it's near my house. So, we went by feet from my house and found it was closed! Lah, we were so confused why the new restaurant who promotes itself now closed so fast? So we went to newly open ice cream shop near our neighborhood.


OMG!
Okay, I opened OMG's Instagram and found they are closed every Monday, so we went there again at another day. Anyway, OMG is acronym for "Original Meatball Galore". Located across Superindo Meruya, beside Pinot Bakery. At the first time I knew OMG, I was wondering, why they choose their speciality in selling meatball. Soooo.......... it just made me to be more curious what kind of menu they serve.



Say hi to OMG.


There's a futuristic-look bar in the first storey touch of red and black colors. We were directed by the waiter to have a seat in second storey. What a lovely place I saw, the lounge play with red and black tones, combined with wood materials and OMG plays with typography in every side of the room.



Typography you'll look when you are going to second storey.


One of the sides of the wall. Anyway, the OMG's logo kinda reminds me of
Swedish House Mafia's famous three dots, LOL! Pardon my absurdity.


Look at this cool place!



The foods
We were so welcomed by the owners and we had a chat at that night with one of the owner. Everything was started with his love to the food especially meatball and cheese, but he saw no restaurant in Jakarta provides meatball, so OMG was established and made meatball as its speciality. OMG serves home made foods, and experiments in making good cheese-based sauces.

So, here were the foods we ordered.


OMG! Sampler. (Rp 65.000)


Wanna try many foods of OMG in a plate? So do order OMG Sampler, you will get BBQ Chicken wings, onion rings, chicken fingers, mozzarela french fries in a big plate with homemade dipping sauces (tartar and honey mustard). Okay, I tried it one by one, they looked so tempting, eh?


Clockwise : Onion ring, honey mustard cream, BBQ chicken grill, mozzarela french fries,
chicken finger, tartar sauce.


The onion ring's little bit bigger than the other restaurants usually serve, I love the thick crispy dough on the onion ring. The chicken wings tasted so yummy, again, I love how OMG made the crispy skin tasted so different with the others I ate before. I'm wondering how they can made the crispy fried dough like that, tasted good!

How about the french fries? It's such a nice idea to enjoy french fries with mozzarela cheese, I always wanna eat french fries like this way since I was a kiddo, but kinda lazy to prepare it by myself. As long as I know, there's still no restaurant serves french fries like this. The french fries' cut was big, and the mozzarela cheese was so galore, really!

Anyway, we do love the honey mustard sauce, you must try it!



The chicken finger, thick chicken slice with thick, crispy and yummy crunchy dough.


Naked Balls. (Rp 38.000)


This one is OMG's signature dish, it consists homemade meatballs, covered with sauce, served parmesan cheese and focaccia bread. You can choose what kind of gravies you like : tomato, hot sauce (level 1-10), mushroom, cream cheese, pesto, black pepper, or OMG special sauce. And we chose the last one, to find out what does it feel like.


With french fries as side dish.


One portion consists three large-sized meatballs, the texture was solid yet tender. In our opinion, the key of the taste in the dish is : the sauce. We enjoyed so much eating the meatballs with OMG Special Sauce, it's a cheese sauce combined with tomato. However, we loved the sauce so much, as they added the tomato in right amount so it didn't taste so sour, and made an unforgettable taste when the cheese melted in my mouth.



The meatball!


Anyway, you can upgrade your meatballs with fillings with only Rp 10.000, available in two options : melted cheese and hot chilli. Or you can add a side dish with only Rp 12.000, available in 4 options : mashed potato, french fries, potato cheese, and garlic butter rice.



Triple Pannacota (Rp 22.000)


The infused Italian custard made with cream, and served with homemade sauce. There are three flavors were served in here : strawberry, green tea, and chocolate. I love the texture, soft like tofu. The strawberry sauce was nice, as it tasted so original, like you're eating the real strawberry. But we thought the chocolate sauce was too sweet like the ones sold in supermarket. The green tea sauce was the best from the three sauce served. But we hoped the pannacotas were served colder and more solid, but still, we love this one. :)


Conclusion
Nice foods + nice place! You know, West Jakarta doesn't have many culinary center places, not like North and South Jakarta. I'm so happy anyway, now I have a cool space to chill out, eating meatballs with cheese, cheese, and cheese.... and I just walk for only 3 minutes from my house to reach it. You know, in my neighborhood, the culinary centers are located only in Pesanggrahan and Puri, so crowded when you just wanna enjoy your time there. Anyway, cheese lovers, you should come here! They will give you cheese generously LOL.

So why don't you come here, go get some new experience of dining in the first meatball house in J-town! Best of luck for OMG!


P. S. : The place has a not-so-spacious parking lot, if you don't get a parking space, you can park your car in Taman Aries near the red shop house or in Superindo-Jameson. Anyway, they will give you 20% discount during its soft opening.


It tastes just like... heaven!



OMG - Original Meatball Galore
Jl.Meruya Ilir Raya 16A, Meruya Utara
Kembangan, West Jakarta
(Across Superindo - Jameson)

T : +62 817 793 653
Hours : Mon - Thur 10.00 - 22.00/
Fri - Sat 10.00 - 24.00 /
 Sun 10.00 - 23.00
Facebook | TwitterInstagram

Wi-fi : YES
Credit Card : YES
Price Range : Rp 24.000 - Rp 135.000




TWITTER @ARSubrata | INSTAGRAM : @ARSubrata

Sunday, September 14, 2014

I Was Finally Evacuated! (Live In Merapi 2010 Part 5)

Cerita sebelumnya....
(The previous story)

Bisa diliat di part 1, part 2, part 3, dan part 4.
Karena Gunung Merapi udah meletus padahal kita di sana belom ada 12 jam, acara live-in berubah jadi acara pengungsian. Semua anak yang tinggal di desa-desa di ring 3 semuanya turun dan ngungsi Gubug Selo Merapi. Tapi... pada kenyataannya, sampe terakhir gua dan 11 anak lainnya belum diungsiin, padahal semuanya uda turun ke Desa Juwono.

You can see it at part 1, part 2, part 3, and part 4.
Mount Merapi erupted before we arrived there for 12 hours, so the homestaying program was ruined and became an evacuation program. The participants who homestayed at ring 3 villages had to go downhill and prepared themselves to be evacuated in Gubug Selo Merapi. But in fact, until the last minutes, me and 11 other students weren't evacuated when the others had been evacuated first to Juwono Village.


Resah abis-abisan...
(Worried so much)

Anak-anak dari kloter sebelumnya ada YP sama Albi, terakhir mereka yang pergi ikut mobil tapi udah sekitar 1 jam mereka ga balik-balik. Kok lama banget? Barang-barang kita sih mereka yang ngambilin tapi kok ga balik-balik.

The boys, YP and Albi, they went uphill by car to take our luggages at homestay parents' house, but they didn't come back for so long time, about 1 hour.


Akhirnyaaaa yang ditunggu-tunggu dateng juga, mereka balik pake mobil yang penuh debu, terus mereka semua dah ngambilin tas kita, mereka lama karena mereka ambilin tas-tas ke rumah-rumah induk-induk semang satu-satu. Yak, tapi sayangnya, barang-barang yang ga ditaruh tas ga keambil, jadi yang kurang sekarang cuma celana jeans item gua sama handuk gua.

Finally they came back by a dusty car, brought our luggages. But unfortunately, stuffs which I didn't put in my bag weren't brought by them, they were my towel and my black jeans.


Yang cewe, disuruh ikut naik mobil Kijang warna emas yang dikendarain sama Romo Kirjito, ditemenin Mam' Yo. Kalo yang cowo disuruh naik mobil pick-up, dan mereka teduhan pake terpal karena hujan abu waktu itu udah bercampur sama gerimis. Akhirnya kita 11 anak terakhir diungsiin juga ke Desa Juwono yang letaknya 20 kilometer dari Puncak Merapi, keluar dari ring 4.

The girls were picked up downhill by golden Kijang Capsule car which was driven by Ps. Kirjito, accompanied with Ms. Yo. The boys went downhill by pick-up car, protecting themselves from ash raining mixed with raindrops with tarpaulin. We, the last 11 students, were finally evacuated to Juwono Village which located 20 kilometres from top of Mount Merapi.



Mobilnya Romo Kirjito.
-
Ps. Kirjito's car.



Romo Kirjito waktu itu pake baju awam sih, jadinya sempet ga ngenalin itu Romo kalo Mam' Yo ga manggil dia gitu. Dia bapak-bapak umur 40-50-an, cuma pake topi, rambutnya sebahu keriting. Di mobil dia ngobrol sama Mam' Yo.

Ps. Kirjito wasn't wearing his pastoral uniform at that time, so I didn't have any mind if he was a pastor until Ms. Yo called him with "Pastor". He was a 40s or 50s curly haired man with a cap. In the car, he was talking to Ms. Yo...


Romo : Ga nyangka ya toh kalo ternyata Merapi erupsi juga, tapi sejauh ini sih dari dulu selalu aman ngadain acara seperti ini, ndak pernah sedang meletus. Cuma satu-satunya kali ini. Tadi ANTARA News tulis berita tentang hari ini, saya suruh masukkan Sekolah *SENSOR HAHA* juga sedang mengadakan Live-In di sini, satu-satunya.

Pastor : I didn't think if Merapi would erupt on these days, compared with my experience holding the homestay program for years. This is the only one, the first time Merapi erupts while homestaying. I told ANTARA News (Indonesia's national news agency) to write down the story of today, that this high school is holding a homestaying program, the only one.



Mam' Yo dan Romo Kirjito.



Setelah lama di mobil....
(After a long time in the car)


Lewatin jalan berbatu-batu dan minim penerangan, lewat semak-semak rumput lah lah, jalan kecil banget, jembatan kayu kecil, dan medan-medan lainnya, sekitar 45 menit kemudian akhirnya terlihat di kejauhan sebuah gereja Katolik yang lumayan besar. Kata Romo kita udah sampe di Desa Juwono, di situ udah banyak temen-temen gua tumpah ruah di situ. Gua sih pertamanya minta minum di dapur gereja, abis haus. Terus habis haus, mau pipis. Eh kampret, giliran mau pake keran air, tiba-tiba keran air bisa nyetop sendiri. Bikin kaget.

...Passing through the rocky road and no lighting (except the car's lamps), passing the savanas, bushes, small path, a simple wooden bridge, and the other hurdles, finally around 45 minutes later we saw from afar a quiet big Catholic church. Pastor said we finally arrived at Juwono Village, I saw many of my friends there. The first thing I did was asking some water at church's kitchen, I was so thirsty. After that I went to toilet, and I still remember that the water tap stopped while I used it, and it really shocked me. Just little bit frightened, it was an old church, and... yah if you know what I mean. :')


Udah gitu, di dalem gereja, semua kursi kan disingkirin ke pinggir, jadinya cuma ada karpet doang di sana. Disuruh cari tempat masing-masing buat tidur, yak silakan dibayangkan. Semuanya udah kayak ikan teri masuk toples terus dipepes, bergeletakan semua di lantai. Gua sendiri tidur pake bantal dari tas gua, pake jaket, terus tidur deh. Sedih banget asli malem itu, pas semua disuruh tidur lampu semua dimatiin, gua dan temen-temen harus berbagi tempat, satu aula gereja buat 80 anak lebih belom sama guru-guru.

Inside the church, all the benches were moved to the edge of the room, left only carpets in the hall, and all of us were told to sleep on the carpets. So you can imagine, everybody was sleeping on the carpets. I slept with using my gym bag as pillow and jacket as my blanket. It was super sad if I remember that moment, we had to share a hall for 80 students and teachers to sleep at that night.


Jadi malemnya langsung tidur aja lah, dan berharap besok hari semuanya lebih baik lagi. *tidur*

So I just closed my eyes, when the light was turned off, hoped everything would be alright in the next day.


Keesokan paginya....
(The next morning)


Ternyata pagi-pagi bangun banyak cerita-cerita ngakak tentang temen-temen gua pas lagi tidur, salah satunya Bambang (sebut saja begitu, nama disamarkan demi masa depannya), ini ceritanya yang paling heboh soalnya.

There was a super funny gossip when I was awake at that morning. Just call one of my friend Bambang (not the real name), there was a funny story about him.


Jadi, pas lagi malem, di saat semua orang tidur, ada beberapa temen gua yang ga bisa tidur dan akhirnya malah kebangun. Terus temen gua itu ngeliat si Bambang tiba-tiba bangkit dari tempat dia tidur, terus jalan sedikit ga jauh dari tempat dia tidur, tapi matanya masih merem. Oke, jadi dia jalan sambil tidur, doi ngigau.

So, at the night, when all of students were sleeping, some of my friends couldn't sleep at that time and awake all night. One of them saw Bambang suddenly stood up from the place he was sleeping, walked some steps beside his place, but with closed eyes. Well, Bambang was sleepwalking.


Temen gua : *masi ngeliatin Bambang, ngapain tu anak?*
Bambang : *buka kaos tapi sambil merem*
Temen gua : *bingung, kenapa ni anak buka kaos?*

My friend : *still looking at Bambang, what he would do?*
Bambang : *took off his cloth but still with closed eyes*
My friend : *confused, why he took off his cloth?*


Bambang : *buka celana luaran tapi sambil merem*
Temen gua : EH ANJIR BAMBANG LU NGAPAIN???? *panik*
Bambang : *sambil merem, doi jongkok gitu, terus malah belagak mandi sirem-sirem pake gayung tapi masi merem*

Bambang : *took off his pants too, still with closed eyes*
My friend : OH SH*T BAMBANG WTF ARE YOU DOING????? *panic*
Bambang : *with closed eyes, he squated, and made gesture like he was taking a bath with scoop water LOL!!!!*


SI BAMBANG MALAH NGIGAU LAGI MANDI TAPI DI AULA BUAHAHAHAHAH TAPI SAMBIL TIDUR. Aduh somplak deh pokoknya gua sama temen-temen gua ngakak guling-guling denger ceritanya, untung dia kagak copot kolor pas lagi ngigau coba. :')))

BAMBANG WAS SLEEPWALKING AND MADE GESTURE LIKE HE WAS TAKING A BATH IN THE HALL ROTFL. I laughed so hard with my friends when I heard that story, luckily he didn't took off his underwear, eh? :')


Dan kampretnya, temen-temen gua yang tadinya ga tidur itu malah ngerjain temen-temen gua yang lain, misalnya kayak fotoin temen-temen gua yang tidur, taruh bolpen (secara horisontal kok jadi ga kesedak) ke bibirnya lagi nganga merekah gitu, yang paling kampret sih yang kayak gambar di bawah ini nih.....

The most sh*t thing was, my friends who were awake all night made funny things with the sleeping ones, like taking some pictures of sleeping friends, putting a pen on my friend's mouth, and the most epic one is..... like the picture below I redraw for you. :')

.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.



Temen gua bahkan ada yang masukin kertas mulutnya pas lagi tidur coba. :')
-
My friend got his mouth inserted a roll of paper when sleeping. :')



Duh kok post yang kali ini malah jadi random yah? Yah pokoknya ceritanya begitu deh..... intinya lu siap-siap dikerjain sama anak-anak yang ga tidur di sono, hoki-hokian hahahah. Gua bakalan lanjutin cerita selanjutnya di post berikutnya, hmmm ato mau gua terbitin review makanan dulu? *galau*


Ergh, I think this post is super random compared with previous posts before LOL. Well, I will continue the story at the next post, or maybe I'll post a food review first? *confused*